Senin, 14 Desember 2009

Kualitas Ransum

Ransum sapi perah yang ideal ditinjau dari segi biologis dan ekonomis, terdiri dari sejumlah hijauan dan konsentrat. Hijauan dan konsentrat sebagai komponen ransum sapi perah, merupakan sumber zat-zat makanan yang diperlukan untuk berbagai funsi tubuhnya. Agar zat-zat makanan tersebut dapat terpenuhi, maka hijauan dan konsentrat perlu diformulasikan menjadi suatu ransum.

Hijauan dalam ransum sapi perah masih tetap merupakan porsi terbesar dan konsentrat sebagai tambahan, sehingga kualitas konsentrat yang diformulasikan tergantung pada kualitas hijauan yang diberikan. apabila kualitas hijauan yang diberikan rendah, konsentrat yang akan diformulasikan haruslah berkualitas tinggi. Sedangkan apabila hijauan yang diberikan berkualitas tinggi, konsentrat yang akan diformulasikan tidak perlu berkualitas tinggi, sebab tidak ekonomis.

Hijauan merupakan sumber energi yang relatif murah. Akan tetapi sapi-sapi perah yang berproduksi susu tinggi belum tentu mampu mengkonsumsi sejumlah hijauan yang memenuhi zat-zat makanan yang dibutuhkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar